
untuk ditawarkan kepasar busana agar bisa menjadi Fashion Trendsetter lokal maupun dunia. Sedangkan untuk pelaku pasar busana, Baik produsen busana maupun pemasar pasti akan berusaha membuat dan berburu produk busana yang akan bisa diserap pasar lebih optimal guna mendapatkan keuntungan dari usahanya. Untuk itu informasi dari sales atau tenaga penjualan sebagai Intelijen pasar busana sangat diperlukan.
Kalu beberapa bulan lalu tren motif kotak-kotak sangat laris dipasaran,
Baik itu motif kotak besar maupun motif kotak kecil, Namun saat ini
motif kotak-kotak sudah agak berkurang peminatnya. Dan untuk saat ini Motif salur sudah menunjukkan perkembangan yang positif,
Khususnya untuk produk kaos muslim. Besar kemungkinan untuk salur
dengan motif garis masih akan bertahan sampai beberapa bulan kedepan,
Baik itu motif garis besar maupun kecil. Sedangkan untuk produk kaos
atau fashion wanita dengan sablon manual sekarang kurang begitu diminati
konsumen, Hal ini disebabkan karena sudah mulai ada produk sejenis
dengan menggunakan tehnik digital print yang bisa memberikan hasil
gambar atau motif yang lebih jelas, lebih terang, Dan kalau dilihat
sekilas sepaerti foto. Sedangkan untuk ukuran gambar, Gambar ukuran
kecil akan lebih disukai konsumen.
Sedangkan untuk motif busana, Motif-motif yang berbau etnik sudah mulai
dilirik atau bahkan sudah mulai ditanyakan oleh penjual. Kalu beberapa
tahun kemaren motif dengan nuansa batik mempunyai tingkat penyerapan
pasar yang signifikan, Untuk tahun 2013 motif batik sepertinya akan bisa
merebut perhatian masyarakat dan akan menjadi tren kembali. Apalagi
untuk produk busana muslim, Nuansa batik akan memberikan warna
tersendiri, Baik itu dibuat untuk satu baju penuh maupun hanya untuk
memberikan kombinasi saja. Yang pasti menggali dan mengembangkan
motif-motif dengan nuansa tradisional budaya yang ada di Indonesia akan
lebih bisa membanggakan. Menggali dan mengembangkan motif tradisonal
tidak hanya terbatas pada batik saja, Melainkan juga bisa kemotif
tradisonal lainnya. Masyarakat akan bangga jika motif-motif bernuansa
budaya Indonesia bisa menjadi trendsetter Dunia.
Sedangkan untuk pemilihan warna akan menyesuaikan target usia dari konsumen, Untuk remaja warna cerah dan kalem masih akan mendominasi pasar, Sedangkan untuk target pasar dewasa warna-warna kalem cenderung akan diminati. Namun perpaduan dari beberapa warna atau salur akan lebih bisa menarik perhatian konsumen. Hal ini terlihat dari mulai disenanginya produk dengan bahan salur ( Warni-warni ), Khususnya untuk produk kaos muslim.Lalu bagaimana dengan harga produk busana atau fashion?, Memang benar upah buruh sudah naik, Namun keanaikan ini nantinya juga akan diimbangi dengan biaya produksi yang meningkat, Sehingga besar kemungkinan harga-harga juga akan naik, Jadi bagi Masyarakat yang mempunyai tingkat penghasilan menengah kebawah cenderung akan berbelanja produk busana atau fashion dengan harga yang sesuai dengan kemampuannya. Maka dari itu besar kemungkinan Produk trendsetter dengan harga terjangkau akan berpeluang laku dipasaran. Jadi permintaan produk dengan kategori tren dipasaran, Namun dengan harga yang bersaing atau terjangkau oleh kantong konsumen besar kemungkinan akan mempunyai peluang laku dipasaran.
0 komentar:
Posting Komentar